Indika Energy Selesaikan Divestasi 100% Saham MUTU

JAKARTA – Pada tanggal 26 Februari 2024, PT Indika Energy Tbk. (Indika Energy), perusahaan investasi dengan portofolio bisnis yang terdiversifikasi, melalui PT Indika Indonesia Resources (IIR) dan Indika Capital Investments Pte. Ltd. (ICI), sebagai Penjual, telah menyelesaikan penjualan seluruh saham milik IIR dan ICI di PT Multi Tambangjaya Utama (MUTU) sebesar 2.263.030.000 lembar saham yang mewakili 100% kepemilikan tidak langsung Indika Energy kepada PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk. (PJK) dan/atau afiliasinya. Penyelesaian penjualan saham ini dilaksanakan sebagai kelanjutan atas penyelesaian seluruh kondisi prasyarat, termasuk persetujuan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia, sebagaimana dipersyaratkan di dalam Perjanjian Jual Beli Bersyarat (CSPA) yang telah ditandatangani pada 22 September 2023. Total nilai transaksi untuk penjualan 100% saham di MUTU ini adalah sebesar USD 203.000.000. Setelah penyelesaian transaksi penjualan saham ini, MUTU tidak lagi menjadi anak perusahaan Indika Energy dan tidak lagi dikonsolidasikan ke dalam laporan keuangan Indika Energy. Selanjutnya, para pihak dalam waktu dekat akan menyelesaikan pengalihan hak pemasaran (marketing rights) yang dimiliki oleh ICI dengan nilai sebesar USD 15.000.000.

Transaksi ini dilakukan sesuai dengan strategi bisnis diversifikasi Indika Energy ke bisnis rendah karbon dan berkelanjutan. “Tahun ini merupakan tahun keenam Indika Energy melakukan diversifikasi usaha di sektor non-batubara dan rendah karbon. Divestasi MUTU merupakan langkah konkret lebih lanjut Indika Energy dalam melakukan transformasi bisnis – setelah sebelumnya melakukan divestasi atas perusahaan pengangkutan dan pengapalan batubara PT Mitrabahtera Segara Sejati Tbk. (MBSS) di tahun 2021 dan perusahaan kontraktor pertambangan batubara PT Petrosea Tbk. (PTRO) di tahun 2022. Hasil penjualan MUTU akan digunakan untuk memperkuat likuiditas perusahaan dan untuk mendanai diversifikasi usaha kami yang mengedepankan aspek-aspek keberlanjutan,” tutur Azis Armand, Vice President Director and Group CEO Indika Energy.

MUTU adalah perusahaan pertambangan bituminious thermal dan coking coal di Kalimantan Tengah yang memegang PKP2B generasi ke-3 dengan area konsesi 24.970 hektar dan menjadi bagian dari Indika Energy Group sejak 2012.

Source : https://www.indikaenergy.co.id/wp-content/uploads/2024/02/Siaran-Pers-Indika-Energy-Selesaikan-Divestasi-100-Saham-MUTU.pdf