PENANDATANGANAN NOTA KESEPAHAMAN PORTEK DAN INTERPORT

19 February 2024

Interport, anak usaha dari PT Indika Energy tbk (INDY) yang bergerak di bidang operator pelabuhan, terminal bahan bakar dan logistik menandatangani kesepakatan bersama (MoU) dengan Portek – perusahaan operator pelabuhan berbasis di Singapura yang merupakan anak usaha dari Mitsui & Co., Ltd. Jepang.

Interport merupakan perusahaan nasional yang memiliki pengalaman dalam strategi investasi, pengembangan infrastruktur serta pengelolaan pelabuhan dengan kapabilitas jasa logistik yang melayani berbagai perusahaan sektor energi di Sorong, Balikpapan, Patimban dan Surabaya. Sedangkan Portek merupakan perusahaan pengelola pelabuhan global yang memiliki jaringan di Asia (Indonesia, Vietnam), Eropa (Latvia, Malta) dan negara-negara Afrika seperti Gabon, Algeria, dan Rwanda.

Penandatanganan MoU dilakukan secara elektronik oleh Direktur Utama Interport, Widjaja S. Sumarjadi dan Kotaro Hasegawa selaku Chief Operation & Development Officer Portek. Penyerahan dokumen dilakukan di kantor pusat Interport di Jakarta Selatan, pada hari Rabu, 31 Januari 2024 yang disaksikan oleh direktur Interport, Alif Sasetyo dan Fiona Koe Peck Hoon selaku Head, Strategic Planning dari Portek.

MoU antara Portek dan Interport dilakukan dalam rangka mengidentifikasi peluang ekspansi dan memperluas cakupan bisnis kedua perusahaan di Indonesia. Dalam kerjasama tersebut, kedua perusahaan akan berkolaborasi dalam berbagai inisiatif untuk mengembangkan kapasitas dan kapabilitas Pelabuhan Umum maupun Pelabuhan Khusus di Indonesia.

Dalam sambutannya, Direktur Utama Interport, Widjaja S. Sumarjadi, menyatakan, “Kami sangat antusias atas kolaborasi ini. Kami percaya bahwa bergabungnya kekuatan Interport dan Portek akan dapat meningkatkan efisiensi, reliabilitas, dan mutu layanan dalam pengelolaan pelabuhan di Indonesia.”

Lebih jauh, MoU yang dijalin termasuk proses saling berbagi wawasan pengetahuan jaringan pasar nasional dan transfer teknologi antara kedua perusahaan. MoU ini akan menempatkan kedua perusahaan menjadi terdepan dalam pemahaman tren industri dan kapabilitas peningkatan layanan keduanya.

Portek International Pte Ltd, menyampaikan, “Indonesia memiliki potensi pasar yang luar biasa, dan kami melihat kesempatan untuk membawa keahlian substansial dan pengalaman panjang kami ke negara ini. Melalui kemitraan ini, kami berharap dapat memberikan kontribusi nyata dalam memajukan ekosistem logistik di Indonesia.”

Source : https://interport.co.id/penandatanganan-nota-kesepahaman-portek-dan-interport